Jokowi Undang Ganjar, Anies dan Prabowo Makan Siang di Istana

Rakyat45.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang tiga calon presiden ke Istana, Senin (30/10/2023). Rencananya, Jokowi akan makan siang bersama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat (NasDem) Hermawi Taslim mengungkapkan bahwa mereka akan bertemu pada pukul 11.30 WIB.

“Ketiga calon diundang ke Istana hari ini pukul 11.30 WIB,” kata Hermawi saat dihubungi, Senin (30/10/2023).

Dia mengatakan Jokowi hanya mengundang sosok capres saja. Sementara itu, cawapres tidak termasuk dalam undangan kali ini.

“Tanpa cawapres (calon wakil presiden),” jelasnya.

Hermawi menilai, maksud Jokowi mengundang Ganjar, Prabowo, dan Anies ke Istana adalah untuk membuktikan pernyataan sebelumnya. Kepala Negara sempat mengatakan bahwa dirinya mendukung tiga calon presiden di Pilpres 2024.

“Nah, siang ini ketiganya diundang ke Istana. Mungkin ini bentuk dukungan yang dimaksud,” katanya.

Ganjar, Prabowo dan Anies telah mendaftarkan diri sebagai calon presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ganjar mendaftar bersama cawapresnya, Mahfud MD, Anies bersama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dan Prabowo bersama Gibran Rakabuming Raka.

Anies dan Ganjar menjadi calon presiden yang mendaftar di hari pertama sesi pendaftaran. Sedangkan Prabowo-Gibran mendaftar di hari terakhir, yakni pada Kamis (25/10/2023).

Ketiga pasangan capres-cawapres tersebut juga telah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengungkapkan hasil pemeriksaan ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Hasyim menjelaskan bahwa pemeriksaan terhadap Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang dilakukan pada Sabtu (21/10/2023), menunjukkan bahwa keduanya dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih.

“Kedua, mereka juga bebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Kemudian, Hasyim juga membeberkan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Keduanya menjalani pemeriksaan pada Minggu (22/10/2023).

“Disimpulkan bahwa (Ganjar-Mahfud) dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Kemudian juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata Hasyim.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjalani pemeriksaan pada Kamis (26/10/2023) di RSPAD Gatot Soebroto. Hasilnya juga sama.

“Pemeriksaan terhadap pasangan ini (Prabowo-Gibran) dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, dan juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata Hasyim.(suara.com)