Penerimaan Peserta Didik Baru SMA dan SMK Negeri di Provinsi Riau

Pekanbaru, Rakyat45 – Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Riau telah ditetapkan, dimulai dari 21 hingga 24 Juni 2024 mendatang. Tahap pertama akan dimulai dengan pra pendaftaran, di mana peserta didik dapat meng-upload dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang telah disiapkan oleh panitia.

Pada tanggal 24 sampai 29 Juni, peserta didik yang sudah mendaftar akan memiliki kesempatan untuk memilih sekolah yang diinginkan. Bagi peserta didik yang mendaftar di SMK, selain memilih sekolah, mereka juga harus memilih jurusan yang diinginkan.

“Khusus untuk pendaftar di SMK, peserta didik dapat memilih jurusan yang berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar rangking,” ujar Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri Provinsi Riau, Arden Simeru, pada Rabu (1/5/2024).

Setelah memilih sekolah, Arden menjelaskan bahwa pada tanggal 30 Juni 2024, tahapan PPDB akan masuk ke dalam proses rekonsiliasi data. “Penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Riau akan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2024 sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Menurut Arden, sesuai dengan Pergub Nomor 2 tahun 2024, mereka yang tidak lolos seleksi di sekolah negeri namun kurang mampu secara ekonomi dapat mendaftar ke sekolah swasta, dan biaya pendidikan akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Saat ini, Tim dari Dinas Pendidikan Riau telah memulai sosialisasi dengan turun langsung ke 12 kabupaten/kota. “Pada awal Juni, akan dilakukan peluncuran aplikasi PPDB online, disertai dengan simulasi untuk memastikan aplikasi tersebut berfungsi dengan baik,” ungkapnya.