Anggota DPR RI Dapil Riau Fraksi PDI Perjuangan dukung Pembentukan LL2DIKTI XVII Riau

RAKYAT45.com – Prof. Syafrani Pembina APTISI Wilayah X-B yang juga merupakan Direktur Pascasarjana Unilak menyerahkan berkas pengajuan pendirian LL2DIKTI XVII RIAU KEPRI kepada Ir. Effendi Sianifar, anggota DPR dari PDIP untuk mendapatkan dukungan politik kepada pemerintah. Selasa (30/11/2021)

Anggota DPR RI dari Dapil Riau 1 (satu), Ir. Effendi Sianipar Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan menyatakan “Siap Mengawal dan Memperjuangkan Pembentukan LL2DIKTI XVII Riau dan Kepulauan Riau.

Menurut Prof Syafrani “Tinggal dua langkah lagi LL2DIKTI XVII RIAU KEPRI Riau dan Kepulauan Riau akan terbentuk, menurut hasil kajian akademis sudah memenuhi syarat untuk berdiri, sehingga Mas Nadiem Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sudah menyurati MENPAN RB dengan Nomor : 15072/MPK.A/OT/2021 perihal “Usul Pendirian Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVII Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau”.

Setelah dapat rekomendasi, Mendikbud Ristek akan mengeluarkan SK berdirinya LL2DIKTI XVII RIAU KEPRI.

LL Dikti merupakan lembaga baru yang dibentuk Pemerintah berdasarkan Undang Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Tugas pokok dan fungsi LLDIKTI mengacu kepada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 15 tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja LLDIKTI, yaitu peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya.

Sebelumnya LLDIKTI adalah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang bertugas membina Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah kerjanya.

Semenjak bertransformasi menjadi LLDIKTI, koordinasi tidak hanya dilakukan dengan PTS saja, melainkan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sejak 20 Oktober 2019, LLDIKTI kembali berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 tahun 2020, bahwa LLDIKTI berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Menteri, dibina oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, dan Direktorat Jenderal Vokasi serta secara administratif dilakukan oleh Sekretaris Jenderal.

Saat ini, ada 16 LLDIKTI yang tersebar di Indonesia. LLDIKTI Wilayah X berada di Provinsi Sumatera Barat dengan wilayah kerja Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi.

Ir. Effendi Sianipar Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan menginginkan agar LL2DIKTI XVII RIAU KEPRI yang akan berkantor di Pekanbaru, Provinsi Riau segera terwujud, karena dari pertumbuhan jumlah PTN dan PTS di Riau dan Kepri saat ini meningkat dan tentu perlu mendapatkan pelayanan maksimal dari pemerintah, sehingga beban kerja LL2DIKTI X bisa lebih fokus melayani provinsi Sumbar dan Jambi. Hal ini yang mendasari dukungan beliau selaku wakil rakyat Anggota DPR RI daerah pemilihan Riau. Kata beliau hal ini akan kita follow up ke Mas Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Ini tujuan yang mulia perlu kita dukung bersama,” ujarnya. Selain itu, ia juga menyampaikan komitmen yang tinggi atas rencana pembangunan LL2DIKTI XVII RIAU KEPRI ini supaya anak Riau bisa mengecap pendidikan tinggi. “Provinsi lain mengebut pendirian LLDikti, masa kita diam saja. Mari sama-sama berkomitmen semoga ini berhasil,” tutupnya.

Reporter: Wawan laia