Memperingati Hari Lahir Pancasila 2023, Bupati Rohul: nilai-nilai Pancasila harus diwariskan

RAKYAT45.COM – Memperingati Hari Lahir Pancasila 2023, Bupati Rohul : nilai-nilai Pancasila harus diwariskan kepada geberasi muda, Melalui Surat Edaran resmi yang di rilis oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyebutkan peringatan Hari lahir Pancasila setiap tahunnya berdasarkan Keppres no 24 tahun 2016 yang menyatakan tanggal 1 Juni merupakan hari penting nasional, maka demikian Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, yang juga serentak digelar di seluruh Indonesia pada Kamis 01 Juni 2023.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 mengangkat Tema ” Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” dengan Tagline Aktualisasi Pancasila Energi Pertumbuhan Global.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 diikuti sebagai Peserta upacara, TNI/POLRI, Satpol PP, Seluruh Pegawai di Lingkungan Pemda, Kepala Sekolah, Ormas, siswa SMP, SMA/SMK di Rohul.

BACA JUGA: Srikandi Pemuda Pancasila, Selenggarakan Senam Sehat Peranan Wanita Kabupaten Pelalawan

Upacara Dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan, Forkopimda, Sekda Rohul Muhammad Zaki SSTP, M.Si, para Asisten dan staf Ahli Bupati, Kepala dinas Komunikasi dan Informatika, H.Syofwan S.Sos, beserta Kepala OPD lainnya dan LAMR Rohul.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman menyampaikan Amanat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyatakan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang
menyatukan berbagai keragaman yang ada,
sekaligus sebagai “bintang penuntun”
(Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur” ujarnya.

Sukiman Menjelaskan Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai Dasar Negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilainilai pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa indonesia.

Baca Juga :   BEM Se-Riau Audensi Dengan Anggota DPRD Kota Pekanbaru Ida Yulita Susanti

BACA JUGA: Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila, Bupati Rohil Sampaikan Amanat Presiden RI

“keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha esa untuk bangsa indonesia. pengamalan nilai-nilai, pancasila merupakan perwujudan rasa, cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Nilai-nilai pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.
Berkat pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional bhinneka tunggal ika” jelasnya.

Lebih lanjut Sukiman menambahkan, saat ini bangsa indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa indonesia.

“ke depan, kita akan mewujudkan indonesia
emas 2045 dan impian indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika. menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi. terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh indonesia; menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di asia pasifik dan indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia”ungkap Sukiman.

BACA JUGA: Sempena HUT Pemuda Pancasila Ke-61, MPC PP Kota Dumai Mengadakan Kegiatan Bakti Sosial dan Donor Darah

Kemudian, lanjut Sukiman, Perhelatan Pesta Pemilu 2024 tidak lepas dari nilai nilai Pancasila yang mengedepankan musyawarah dan perwujudan demokrasi di Indonesia, dirinya mengajak seluruh peserta Upacara untuk bersama mensukseskan pemilu 2024.

Baca Juga :   Galian C di Sungai Kampar Diduga Milik Kades Bandur PICAK

“tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024. untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila” katanya.

Kepada Generasi Muda, Sukiman Menyampaikan bahwa komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai-nilai pancasila. bahwa nilai-nilai pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan
diwariskan pada generasi selanjutnya.

“semoga melalui peringatan hari lahir pancasila tanggal 1 juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi,
membuat terobosan, dan menumbuhkan
pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun tahun yang akan datang” pungkasnya

Sementara itu Penanggung Jawab Kegiatan Upacara, PLT Kesbangpol Irvandri, S.Sos, M.IP mengatakan Upacara ini dilaksanakan sebagai dengan mengikutsertakan elemen seperti Ormas, dan Siswa SMP dan SMA dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan makna yang terkandung dalam Pancasila.

“Dengan Banyak nya elemen masyarakat dan siswa yang hadir semoga dapat memaknai semua Butir butir Pancasila dalam kehidupan Sehari Hari” ujarnya

Irvandri mengatakan upaya yang dilakukan oleh Kesbangpol untuk menanam kan nilai Pancasila diantara nya memberikan Sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal Ika dan NKRI.

Adapun Petugas Upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Rokan Hulu, bertindak selaku perwira Upacara Kasat Binmas Polres Rohul AKP Hermawan, SH, Komandan Upacara dari Koramil 10 Kunto Darussalam Kapt, Inf. Rini Paslah S.Pdi, Pengucap Teks Pembukaan UUD 1945 Nurmaini, S.Sos, Petugas Pengibar Bendera Paskibra Rokan Hulu.
(ADV)

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari RAKYAT45.COM di GOOGLE NEWS

banner 728x500