BMKG Pekanbaru: Prakiraan Cuaca Riau dan Peringatan Dini untuk Warga

Pekanbaru, Rakyat45 – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau pada Sabtu (8/6). Berdasarkan informasi yang diberikan, wilayah ini berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Gita Dewi, menjelaskan bahwa cuaca di Riau akan bervariasi dari cerah berawan hingga hujan ringan yang dimulai sejak pagi hari dan berlanjut hingga dini hari.

“Hujan tidak merata dan hanya terjadi di sebagian wilayah Riau. Pada pagi hari, cuaca akan berkabut dan berawan dengan hujan ringan di beberapa daerah seperti Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Kota Dumai,” ujarnya.

Selanjutnya, Gita menyatakan bahwa pada siang hingga sore hari, hujan ringan yang tidak merata akan terjadi di wilayah Bengkalis, Rokan Hilir, Meranti, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

“Pada malam hari, cuaca akan cerah berawan. Sedangkan pada dini hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan mengguyur sebagian wilayah Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru,” tambahnya.

BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini, mengimbau masyarakat agar waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah seperti Bengkalis, Rokan Hulu, dan Kota Pekanbaru pada siang/sore dan dini hari.

Suhu udara di Riau hari ini berkisar antara 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 60–99%. Sementara itu, arah angin diprediksi berhembus dari Barat Laut ke Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

“Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.50 meter hingga 1.25 meter, yang dikategorikan sebagai rendah,” tandas Gita Dewi.

Dengan prakiraan cuaca ini, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan perubahan cuaca yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Berita Terbaru